Lombok merupakan kepulauan yang terdapat di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lombok juga terkenal dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Berawal dari Gunung Rinjani yang tinggi menjulang dengan keindahan membentang hingga gugusan gili yang alamnya aduhai. Seperti pada umumnya di Indonesia, pasti akan selalu ada mitos atau misteri tiap daerah yang terkenal, tidak terkecuali lombok. Terlepas dari keindahannya, kepulauan nusantara tersebut juga memiliki mitos yang lumayan seram yakni selak.

Selak Ilmu Hitam Sekaligus Kutukan yang Terkenal di Lombok

Selak merupakan makhluk jadi-jadian seperti hal-halnya kuyang dari Kalimantan dan juga memiliki kemiripan dengan Leak di Bali. Makhluk ini memiliki wujud manusia biasa di siang hari, akan tetapi hal wujudnya akan berubah pada saat malam hari. Lantas, makhluk dengan sebutan selak ini apakah sesuatu yang betulan ada atau hanya mitos semata saja. Juga mengapa makhlum ini dikaitkan dengan ilmu hitam sekaligus kutukan yang terkenal di Lombok. Apabila anda ingin memahaminya lebih lanjut simak langsung artikel lengkap dibawah ini.

Dahulu kala lombok terkenal akan penggunaan ilmu hitam, hal tersebut dilakukan demi mendapatkan kekuasaan maupun kekuatan pesugihan. Ritual tersebut dilaksanakan dengan membuat perjanjian dengan jin, yang membuat terciptanya makhluk dengan sebutan selak. Makhlum ini seperti halnya dengan leak di bali merupakan mahluk jadi-jadian dari manusia yang menggunakan ilmu hitam. Makhluk ini terkenal akan bentuk seramnya yaitu kepala yang terlepas dengan lidah menjulur terbang ke sana kemari untuk mencari wanita hamil.

Selak Ilmu Hitam Sekaligus Kutukan yang Terkenal di Lombok

 

Makhluk ini sering mengonsumsi atau menyedot darah bayi yang masih di kandung agar dapat tetap hidup. Dipercaya, leak merupakan manusia biasa yang dapat berubah menggunakan ramuan sihir. Ramuan tersebut tercipta hasil dari organ-organ tubuh manusia. Oleh karena itu seringkali makhluk ini akan berkeliling ke kuburan-kuburan untuk mencari organ tubuh manusia. Makhluk inipun sering kali dikaitkan dengan ilmu hitam atau black magic. Juga di Lombok sendiri, menggunakan ilmu hitam merupakan hal tabu akan tetapi banyak pula yang menggunakannya. Masyarakat Lombok biasanya memakai ilmu hitam untuk unjuk kemampuan dengan pihak lain.

Konon juga dipercaya ilmu hitam digunakan untuk membela diri apabila terjadi peperangan. Tetapi, tindakan dari ritual tersebut juga memiliki efek samping. Konsekuensinya yaitu sang pengguna akan berubah menjadi makhluk jadi-jadian. Makhluk tersebut pula yang disebut sebagai selak. Ilmu hitam selak sendiri bersifat syirik dan bertentangan dengan ilmu agama yang kuat di Lombok. Oleh sebab itu tidak heran apabila masyarakat tidak suka dengan pengguna ilmu ini. Lantaran biasanya pengguna ilmu hitam ini mempunyai sifat buruk, seperti menakut-nakutin orang lain, meneror, hingga mencelakakan orang yang dapat menghilangkan nyawa.

About The Author

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *